Jumat, 25 April 2014

Memahami Hadist seputar Malam Nishfu Syaban

Memahami dan Mengamalkan 
Hadis Malam Nishfu Sya’ban

Penulis Tuhfatul Ahwâdzi (Abû al-‘Alâ al-Mubarakfuri)
telah menyebutkan satu per satu hadits yang membicarakan keutamaan malam “Nishfu Sya’ban”. Awalnya beliau berkata, “Ketahuilah bahwa telah terdapat beberapa hadits mengenai keutamaan malam Nishfu Sya’ban, 
keseluruhannya menunjukkan bahwa hadits tersebut tidak ada
ashl-nya (landasannya).” Lalu beliau merinci satu per satu hadits yang dimaksud. 

Pertama: Hadits Abu Musa al-Asy’ari, ia berkata, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ لَيَطَّلِعُ فِى لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ
“Sesungguhnya Allah akan menampakkan (turun) di malam Nishfu Sya'ban kemudian mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan dengan saudaranya.” (HR. Ibnu Majah no. 1390). Penulis Tuhfatul Ahwadzi berkata, “Hadits ini munqathi’ (terputus sanadnya).” [Berarti hadits tersebut dha’if].

Kedua: Hadits ‘Aisyah, ia berkata,
قَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ اللَّيْلِ فَصَلَّى فَأَطَالَ السُّجُودَ حَتَّى ظَنَنْت أَنَّهُ قَدْ قُبِضَ ، فَلَمَّا رَأَيْت ذَلِكَ قُمْت حَتَّى حَرَّكْت إِبْهَامَهُ فَتَحَرَّكَ فَرَجَعَ ، فَلَمَّا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ السُّجُودِ وَفَرَغَ مِنْ صَلَاتِهِ قَالَ : " يَا عَائِشَةُ أَوْ يَا حُمَيْرَاءُ أَظَنَنْت أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ خَاسَ بِك ؟ " قُلْت : لَا وَاَللَّهِ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَكِنِّي ظَنَنْت أَنْ قُبِضْت طُولَ سُجُودِك ، قَالَ " أَتَدْرِي أَيَّ لَيْلَةٍ هَذِهِ ؟ " قُلْت : اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ ، قَالَ : " هَذِهِ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَطَّلِعُ عَلَى عِبَادِهِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِلْمُسْتَغْفِرِينَ وَيَرْحَمُ الْمُسْتَرْحِمِينَ وَيُؤَخِّرُ أَهْلَ الْحِقْدِ كَمَا هُمْ
“Suatu saat Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat malam, beliau shalat dan memperlama sujud sampai aku menyangka bahwa beliau telah tiada. Tatkala aku memperhatikan hal itu, aku bangkit sampai aku pun menggerakkan ibu jarinya. Beliau pun bergerak dan kembali. Ketika beliau mengangkat kepalanya dari sujud dan merampungkan shalatnya, beliau mengatakan, “Wahai ‘Aisyah (atau Wahai Humairo’), apakah kau sangka bahwa Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam telah mengkhianatimu?” Aku menjawab, “Tidak, demi Allah. Wahai Rasulullah, akan tetapi aku sangka engkau telah tiada karena sujudmu yang begitu lama.” Beliau berkata kembali, “Apakah engkau tahu malam apakah ini?” Aku menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Beliau berkata, “Malam ini adalah malam Nishfu Sya’ban. 
Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla turun pada hamba-Nya pada malam Nishfu Sya’ban, lantas Dia akan memberi ampunan ampunan pada orang yang meminta ampunan dan akan merahmati orang yang memohon rahmat, Dia akan menjauh dari orang yang pendendam.” Dikeluarkan oleh Al-Baihaqi. Ia katakan bahwa riwayat ini mursal jayyid. Kemungkinan pula bahwa Al-‘Alâ’ mengambilnya dari Makhûl. [Hadits mursal adalah hadits yang dha’if karena terputus sanadnya]

Ketiga: Hadits Mu’adz bin Jabal radhiyâllahu ‘anhu, dari Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,
يَطَّلِعُ اللَّهُ إِلَى جَمِيعِ خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ
“Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.”

Al-Mundziri dalam At-Targhîb setelah menyebutkan hadits ini, beliau mengatakan, “Dikeluarkan oleh At-Thabrani dalam Al-Awsath dan Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya dan juga oleh al-Baihaqi. Ibnu Majah pun mengeluarkan hadits dengan lafazh yang sama dari hadits Abu Musa al-Asy’ari radhiyâllahu ‘anhu. Al-Bazzar dan al-Baihaqi mengeluarkan yang semisal dari Abu Bakr ash-Shiddiq radhiyâllahu ‘anhu dengan sanad yang tidak mengapa (lâ ba’sa bih).” Demikian perkataan Al-Mundziri. Penulis Tuhfatul Ahwadzi (Abû al-‘Alâ al-Mubarakfuri) lantas mengatakan, “Pada sanad hadits Abu Musa al-Asy’ari radhiyâllahu ‘anhu yang dikeluarkan oleh Ibnu Majah terdapat seorang periwayat (râwi) yang bernama Lahi’ah dan dia dinilai dha’if.” [Hadits ini adalah hadits yang dha’if]

Keempat: Hadits ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyâllahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda,
يَطَّلِعُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِعِبَادِهِ إِلَّا اِثْنَيْنِ مُشَاحِنٍ وَقَاتِلِ نَفْسٍ
“Allah ‘azza wa jalla mendatangi makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban, Dia mengampuni hamba-hamba-Nya kecuali dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa.” 
Al-Mundziri mengatakan, “Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Ahmad dengan sanad yang layyin (ada râwi [periwayat) yang diberi penilaian negatif/dijarh, namun haditsnya masih dicatat).” [Berarti hadits ini bermasalah].

Kelima: Hadits Makhul dari Katsir bin Murrah radhiyâllahu ‘anhu, dari Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda di malam Nishfu Sya’ban,


يَغْفِرُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لِأَهْلِ الْأَرْضِ إِلَّا مُشْرِكٌ أَوْ مُشَاحِنٌ
“Allah ‘azza wa jalla mengampuni penduduk bumi kecuali musyrik dan orang yang bermusuhan”. 

Al-Mundziri berkata, “Hadits ini dikeluarkan oleh al-Baihaqi, hadits ini mursal jayyid.” [Berarti dha’if karena haditsnya mursal, ada sanad yang terputus]. 
Al-Mundziri juga berkata, “dikeluarkan pula oleh Ath-Thabrani dan juga al-Baihaqi dari Makhul, dari Abu Tsa’labah radhiyâllahu ‘anhu, Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَطَّلِعُ اللَّهُ إِلَى عِبَادِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِلْمُؤْمِنِينَ وَيُمْهِلُ الْكَافِرِينَ وَيَدَعُ أَهْلَ الْحِقْدِ بِحِقْدِهِمْ حَتَّى يَدَعُوهُ
“Allah mendatangi para hamba-Nya pada malam Nishfu Sya’ban, 
Dia akan mengampuni orang yang beriman dan menangguhkan orang-orang kafir, Dia meninggalkan orang yang pendendam.” 
Al-Baihaqi mengatakan, “Hadits ini juga antara Makhul dan Abu Tsa’labah adalah mursal jayyid”. 
[Berarti hadits ini pun dha’if].

Keenam: Hadits ‘Ali radhiyâllahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda,


إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلَّا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

“Apabila malam nisfu Sya'ban, maka shalatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam, kemudian Dia berfirman: "Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya? Adakah orang yang meminta rizki maka Aku akan memberinya rizki? Adakah orang yang mendapat cobaan maka Aku akan menyembuhkannya? Adakah yang begini, dan adakah yang begini, hingga terbit fajar.” 

Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Majah dan dalam sanadnya terdapat Abu Bakr bin ‘Abdillah bin Muhammad bin Abi Saburah al- Qurasyi Al-‘Amiri al-Madani. Ada yang menyebut namanya adalah ‘Abdullah, ada yang mengatakan pula Muhammad. Disandarkan pada kakeknya bahwa ia dituduh memalsukan hadits, sebagaimana disebutkan dalam At-Taqrîb. Adz-Dzahabi dalam Al-Mîzân mengatakan, “Imam al- Bukhari dan ulama lainnya mendha’ifkannya”. Anak Imam Ahmad, ‘Abdullah dan Shalih, mengatakan dari ayahnya, yaitu Imam Ahmad berkata, “Dia adalah orang yang memalsukan hadits.” An-Nasai mengatakan, “Ia adalah râwi (periwayat) yang matruk (ditinggalkan)”. [Berarti hadits ini di antara maudhû’ dan dha’if]

Penulis Tuhfatul Ahwadzi setelah meninjau riwayat-riwayat di atas, beliau mengatakan, “Hadits-hadits ini dilihat dari banyak jalannya bisa dipakai sebagai hujjah bagi orang yang mengklaim bahwa tidak ada satu pun hadits shahih yang menerangkan keutamaan malam Nishfu Sya’ban. Wallâhu Ta’âla A’lam.
Ibnu Rajab rahimahullâh mengatakan, “Hadits yang menjelaskan keutamaan malam Nishfu Sya’ban ada beberapa. Para ulama berselisih pendapat mengenai statusnya. Kebanyakan ulama mendha’ifkan hadits-hadits tersebut. Ibnu Hibban menshahihkan sebagian hadits tersebut dan beliau masukkan dalam kitab shahihnya.” (Lathâif al-Ma’ârif, halaman 245) 
Tanggapan penulis, “Ibnu Hibban adalah di antara ulama yang dikenal mutasahhil (megangap mudah), 
yaitu 
orang yang ber’gampang-gampangan’ dalam menshahihkan hadits. Sehingga penshahihan dari sisi Ibnu Hibban perlu dikaji kembali.”

Mengenai “menghidupkan malam Nishfu Sya’ban” dengan shalat malam, Ibnu Rajab rahimahullâh mengatakan, “mengenai shalat malam di malam Nishfu Sya’ban, tidak ada satu pun dalil dari Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam dan juga para sahabatnya. Namun terdapat riwayat dari sekelompok tabi’in (para ulama negeri Syam) yang menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dengan shalat.” (Lathâif al-Ma’ârif, halaman 248)

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz, ulama yang pernah menjabat sebagai Ketua Lajnah ad-Dâ’imah (komisi fatwa di Saudi Arabia). Beliau rahimahullâh mengatakan, bahwa “hadits yang menerangkan keutamaan malam Nishfu Sya’ban adalah hadits-hadits yang lemah yang tidak bisa dijadikan sandaran. Adapun hadits yang menerangkan mengenai keutamaan shalat pada malam Nishfu Sya’ban, semuanya adalah berdasarkan hadits palsu (maudhû’). Sebagaimana hal ini dijelaskan oleh kebanyakan ulama.” (Majmû’ Fatâwâ Ibnu Baz, 1/188). Begitu juga di halaman yang sama, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz menjelaskan, “Hadits dha’if barulah bisa diamalkan dalam masalah ibadah, jika memang terdapat penguat atau pendukung dari hadits yang shahih. Adapun untuk hadits tentang menghidupkan malam Nishfu Sya’ban, tidak ada satu dalil shahih pun yang bisa dijadikan penguat untuk hadits yang lemah yang menenerangkan tentang hal itu.”


Malam Nishfu Sya'ban Sama Seperti Malam Lainnya

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullâh mengatakan, “Malam Nishfu Sya’ban sebenarnya seperti malam-malam lainnya. Janganlah malam tersebut dikhususkan dengan shalat tertentu. Jangan pula mengkhususkan puasa tertentu ketika itu. Namun catatan yang perlu diperhatikan, kami sama sekali tidak katakan, “Barangsiapa yang biasa bangun shalat malam, janganlah ia bangun pada malam Nishfu Sya’ban. Atau barangsiapa yang biasa berpuasa pada ayyâmul bîdh (tanggal 13, 14, 15 H.), janganlah ia berpuasa pada hari Nishfu Sya’ban (15 Hijriyah).” Ingat, yang kami maksudkan adalah “janganlah mengkhususkan malam Nishfu Sya’ban” dengan shalat tertentu atau siang harinya dengan puasa tertentu." (Liqâ’ al-Bâb al-Maftûh, kaset no. 115)

Dalam 
hadits-hadits tentang keutamaan malam Nishfu Sya’ban disebutkan bahwa Allah akan mendatangi hamba-Nya atau akan turun ke langit dunia. Perlu diketahui bahwa turunnya Allah di sini tidak hanya pada malam Nishfu Sya’ban. Sebagaimana disebutkan dalam Shahih al-Bukhari-Muslim bahwa Allah turun ke langit dunia pada setiap 1/3 malam terakhir, bukan pada malam Nishfu Sya’ban saja. Oleh karenanya, keutamaan malam Nishfu Sya’ban sebenarnya sudah masuk pada keumuman malam, jadi tidak perlu diistimewakan.

‘Abdullah ibn al Mubarak rahimahullâh pernah ditanya mengenai turunnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban,

 kemudian beliau pun memberi jawaban pada si penanya, “Wahai orang yang lemah! Yang engkau maksudkan adalah malam Nishfu Sya’ban?! Perlu engkau ketahui bahwa Allah itu turun di setiap malam (bukan pada malam Nishfu Sya’ban saja, -pen).” (Dikeluarkan oleh Abu ‘Utsman ash-Shabuni dalam I’tiqâd Ahlis Sunnah, hal. 92).
Al-‘Aqili rahimahullâh mengatakan, “mengenai turunnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban, ternyata hadits-haditsnya itu layyin (mendapatkan kritik). Adapun riwayat yang menerangkan bahwa Allah akan turun setiap malam, itu terdapat dalam berbagai hadits yang shahih. Ketahuilah bahwa malam Nishfu Sya’ban itu sudah masuk pada keumuman malam, insya Allah.” (Disebutkan dalam Adh-Dhu’afâ’, 3/29).

Wallâhu A’lam bi ash-Shawâb.

Dikutip dan diselaraskan dari tulisan Muhammad Abduh Tuasikal,